Harga Kambing Boer dan Manfaat Kambing Pedaging Ini di Kudus Jateng

Kambing Boer merupakan salah satu jenis kambing pedaging yang sangat terkenal di kalangan peternak Indonesia. Tapi, Kambing Boer bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Afrika Selatan. Namun istilah Boer sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti petani. Itu karena peternak Belanda awalnya memelihara hewan Boer di Afrika Selatan. Trah ini sangat terkenal karena keramahan dan sifatnya yang lucu. Fisiknya hampir seperti binatang buas yang siap dibawa ke medan perang. Ukuran dan kekuatan tubuhnya dapat digambarkan sebagai seekor kambing yang masif. Mamalia ini sangat jinak, aman saat berada di sekitar anak-anak dan mudah dirawat. Daya tahan tubuh yang kuat membuat kambing ini sangat sulit terserang penyakit. Kambing Boer tahan terhadap suhu yang sangat dingin, khususnya suhu -24 derajat Celcius dan suhu panas di atas 42 derajat Celcius, sehingga cocok untuk dibudidayakan di berbagai daerah.

 

Sangat mudah untuk mengidentifikasi Anda mengenali Kambing Boer ini karena ciri-cirinya yang khas. Diawali dengan bentuk tubuh yang besar, panjang dan lebar, sebagian besar tubuhnya ditutupi bulu dan kulit berwarna putih. Kambing ini memiliki ciri khas kepala yang identik dengan warna coklat kemerahan, telinga menggantung dengan tanduk panjang, dan hidung yang cembung. Kambing Boer ini memiliki kaki yang panjang. Mantel coklat dan kulit di kepala ini berfungsi untuk melindungi kepala dari radiasi panas matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit. Salah satu ciri Kambing Boer adalah suka berjemur dan bermain di padang rumput terbuka. Kambing Boer adalah salah satu kambing yang dapat bertahan di segala jenis lingkungan, dan unggul dalam beradaptasi dengan lingkungan apa pun seperti di pegunungan berbatu dan semak belukar, serta padang rumput. Makanan kesukaan Kambing Boer adalah daun-daunan.

 

Kambing Boer jantan memiliki tubuh yang kekar dan kekar dari pundak hingga punggung, yang dipenuhi daging dan otot. Sebagai induk unggul, kambing Boer jantan ini bisa mengawini 30-40 betina dan boleh kawin sebulan sekali. Jantan mulai aktif kawin pada umur 7 atau 8 bulan. Dengan demikian, pergerakan garis keturunannya sangat cepat. Sedangkan Kambing Boer Betina di bagian kepala dan leher tampak lebih ramping. Induk betina berkualitas tinggi menikah pada usia 10-12 bulan, berdasarkan berat badannya. jarak kehamilan berlangsung 5 bulan. Selama dua tahun, betina mampu melahirkan setidaknya 3 kali. Seumur hidupnya, dikatakan bahwa dia mungkin melahirkan 6 sampai 12 kali karena masa produktifnya mungkin selama 5 sampai 8 tahun.

 

Harga kambing boer mahal. Harga seekor kambing boer F2 dewasa bisa mencapai Rp. 9 juta menjadi Rp. 12 juta dalam usia antara satu tahun dan 2 tahun. Sangat menarik bagi Anda yang ingin memulai bisnis peternakan kambing Anda sendiri. Kambing Boer ini sangat ramai dibeli karena jumlah daging yang dihasilkannya lebih banyak dari kambing lainnya, raja negeri itu. Daging adalah kata yang perlu diberikan pada kambing Boer ini. Harga didasarkan pada kualitas kambing sate yang terbaik.

 

Saat musim kurban Kambing Boer seri F banyak diminati oleh beberapa kalangan untuk berkurban, karena daging yang mereka hasilkan sangat tinggi. Kambing Boer ini merupakan salah satu kambing terbaik untuk dijadikan kurban. Pada masa Qurban, harga kambing Boer F2 jantan bisa mencapai Rp. 12 juta untuk satu kepala. Itu harga yang sangat mahal untuk kambing pedaging secara keseluruhan. Daging yang dihasilkan dari kambing ini bisa berkisar antara 40 hingga 50 persen dari bobot tubuhnya.

 

Fungsi utama dari peternakan Kambing Boer ini adalah untuk produksi daging yaitu untuk memenuhi kebutuhan daging di pasaran. Permintaan kambing Boer di pasar selalu ada karena jumlah dan kualitas dagingnya dihargai oleh orang yang membelinya. Kambing Boer sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin memulai perusahaan peternakan kambing yang berkonsentrasi pada produksi daging sapi untuk memilih Kambing Boer untuk dikembangbiakkan. Hasilnya adalah putaran cepat serta nilai jual yang tinggi.

 

Kambing Boer memiliki bentuk tubuh yang sangat unik yaitu memanjang. Bagaimana mungkin seorang peternak tidak tertarik untuk melakukan budidaya kambing boer? Terutama berkaitan dengan perawatan dan pemberian asupan pakan yang akan meningkatkan penggemukan kambing Boer. Beternak kambing Boer cukup sederhana yang perlu dilakukan adalah memperhatikan jumlah pakan dan kesehatan lingkungan. Pertumbuhan kambing Boer ini terbilang cepat karena baru berumur 5-6 bulan dan sudah mencapai 35-45 kg.

Comments

Popular posts from this blog

Upaya terbaik untuk menggunakan sistem akuntansi untuk era ini

Jaminan Kualitas - Domba Dorper F2 Termurah di kota cimahi jawa barat

PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah, Produsen Pagar Beton dan Uditch yang Memenuhi Standar Internasional